Rabu, 10 Mei 2017   Pendidikan

Pendidikan Karakter Penting


TEMANGGUNG, Wakil Bupati Irawan Prasetyadi  mengatakan, implementasi Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) penting untuk diterapkan kepada  warga masyarakat utamanya yang masih  sekolah  mulai tingkat TK hingga perguruan tinggi. Penguatan Pendidikan Karakter akan menjadi motor utama kebijakan pemerintah dalam bidang pendidikan dan kebudayaan.
     Hal itu disampaikan Wabup Irawan Prsetyadi ketika membuka Temangung Book Fair di Pendopo Pengayoman  Selasa ( 9/5 ). Temanggung Book Fair berlangsung mulai tanggal 9 hingga 14 Mei 2017 memamerkan berbagai buku pelajaran dan aneka buku lain tentang Ipoleksosbudhankam. Diutarakan, pendikan berkarakter  ditempuh dengan penguatan 5 nilai utama karakter, diantaranya religius, nasionalis, mandiri, gotong royong, dan integritas pada 3 kegiatan inti (intrakurikuler, kokurikuler, ekstrakurikuler).
     Pendidikan karakter itu penting. Kalau karakternya dan fondasinya kuat, maka di atasnya akan baik.Pendidikan karakter, ujar dia, merupakan upaya revitalisasi manajemen berbasis sekolah, dengan pengembangan kapasitas kepala sekolah, guru, komite sekolah, dan peran aktif orang tua siswa.Penguatan pendidikan karakter lebih memperhatikan harmoni olah hati (etika), olah rasa (estetika), olah raga (kinestetik) dan olah pikir (literasi baca, tulis, hitung).
     "Harmonisasi tersebut diimplementasikan dalam keterpaduan intrakurikuler, kokurikuler, ekstrakurikuler dan nonkurikuler untuk mewujudkan karakter baik siswa. Nilai-nilai utama karakter yang dapat ditumbuhkan adalah religius, nasionalis, mandiri, gotong royong, dan integritas, serta dapat juga disesuaikan dengan nilai-nilai kearifan lokal daerah masing-masing. Hanya dengan karakter yang kuat, jati diri bangsa menjadi kokoh dan menumbuhkan daya saing bangsa. Sehingga mampu menjawab berbagai tantangan era abad 21 ," katanya
     Menurutnya pendidikan karakter diharap memberikan penguatan karakter siswa dalam mewujudkan generasi emas 2045 melalui pembelajaran terpadu di dalam dan di luar sekolah dengan kolaborasi sumber belajar di luar sekolah. Program ini diharapkan dapat memberikan penguatan karakter siswa dan mewujudkan pembelajaran terpadu di dalam dan di luar sekolah melalui pelibatan publik dalam mewujudkan pendidikan yang ramah dan menyenangkan.( Hms/ Edy Laks )

 

Bagikan :


Selasa, 09 Mei 2017 Pemerintahan
Tiga Proyek Besar di Temanggung Telah Dilaksanakan

TEMANGGUNG, Bupati Temanggung Drs. Bambang Sukarno secara langsung meletakkan batu pertama dimulainnya Pembangunan Jembatan  Bendo Peri...

Senin, 08 Mei 2017 Umum
Pegadian Gelar Seminar Kemilau Emas

TEMANGGUNG – Kantor Pegadaian Cabang Temanggung  menggelar seminar Kemilau Emas Sahabat Pegadaian yang digelar...

Senin, 08 Mei 2017 Sosial
Temanggung Book Fair 2017

TEMANGGUNG - Komunitas Belajar Cendikia Mandiri (Cemani), Asosiasi Guru Penulis (Agupena),...

Senin, 08 Mei 2017
Catec Gelar Pameran Seni Rupa

TEMANGGUNG - Sanggar seni Cah Temanggung Creatif  ( Catec ) menggelar  pameran seni rupa...

Senin, 08 Mei 2017 Sosial
TMMD REHAB RUMAH TIDAK LAYAK

TEMANGGUNG, KODIM 0706 Temanggung selama 30 hari efektif mulai tanggal 4 April s/d 4...