Rabu, 28 Desember 2016   Perekonomian

HIPMI GELAR FESTIVAL KOPI


TEMANGGUNG, Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Kabupaten Temanggung menggelar festival kopi di Gedung Pemuda Temanggung, mulau Jumat (23/12) hingga Minggu (25/12). Festival kopi bertujuan Untuk menggali cita rasa kopi sekaligus mendongkrak pemasaran kopi Temanggung.
     Festival kopi dibuka oleh Wakil Bupati Temanggung Irawan Prasetyadi. Ia mengatakan, untuk mendukung keberadaan kopi Temanggung di pasar internasional maka pemerintah akan mendirikan real market di Jerman, Malaysia dan Jakarta pada tahun 2017. Keberadaan real market tersebut untuk memasarkan produk kopi arabika dan robusta Temanggung yang telah dipatenkan. Menurutnya, selain produk kopi, real market juga berfungsi untuk memasarkan produk Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) khas Temanggung.
     Ketua Panitia Festival Kopi Temanggung, Hamam Nasirudin mengatakan, kegiatan ini diikuti oleh puluhan produsen yang terbagi menjadi 32 stand. Penyelenggaraan festival untuk lebih mengenalkan dan memasyarakatkan kopi Temanggung baik jenis robusta maupun arabika. Jika pasar semakin mengenal cita rasa kopi Temanggung maka diharapkan akan mampu mendongkrak penjualan kopi di bursa perdagangan. Peserta berasal dari para produsen kopi yang ada di Kabupaten Temanggung. Selain para pelaku kopi Temanggung, kegiatan ini juga diikuti oleh para pembeli dari luar, diantaranya Yogyakarta dan Semarang. Melalui festival ini akan tersaring kopi terbaik dari kopi hasil perkebunan masyarakat tani di berbagai kecamatan di wilayah lereng Gunung Sumbing, Sindoro, dan Prau.
     Ketua BPC HIMPI Temanggung Mukhtar Hadi Purwanto menuturkan, potensi sumber daya alam di Temanggung yang luar biasa bagus termasuk kopi harus dimanfaatkan sebaik-baiknya. Namun, sumber daya alam itu harus pula ditopang dengan peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) agar bisa memberikan kesejahteraan bagi warga Temanggung. (Hms16/Edy Laks)

Bagikan :


Selasa, 07 Pebruari 2017 Pemerintahan
DANA DESA CAPAI RP.207 MILIAR

TEMANGGUNG, Pada tahun anggaran 2017 alokasi dana desa untuk Kabupaten Temanggung, direncanakan...

Selasa, 07 Pebruari 2017 Pemerintahan
SEKAT RUANGAN TAK LAYAK DIMINTA DIBONGKAR

TEMANGGUNG, Karena dinilai kurang layak sekat ruangan kantor Dinas Kependudukan...

Selasa, 07 Pebruari 2017 Pemerintahan
ANGGOTA DPRD JATENG KUNJUNGAN KERJA DI TEMANGGUNG

TEMANGGUNG, Anggota Komisi E DPRD Jateng, Muh Zen Adv baru-baru ini...

Selasa, 07 Pebruari 2017 Pemerintahan
DPRD GUNAKAN HAK INISIATIF

TEMANGGUNG, DPRD Kabupaten Temanggung menggunakan hak inisiatif, dengan mengajukan...

Selasa, 07 Pebruari 2017 Olah raga
KONTINGEN PORPROV 2018 DISIAPKAN

TEMANGGUNG, Dalam rangka menyambut perhelatan Pekan Olahraga Provinsi...